Trik sederhana bermain catur

Dalam catur tidak ada kata pusing atau sulit yg ada tuh SUMPEK,,wkwk,,

dalam permainan catur ada 3 bagian,,
1. pembukaan
dsini pemain diharapkan mampu membuat pondasi tengah yg powerfull, caranya yaitu dengan menguasai atau menyerang petak e4, e5, d4, d5,, ni petak pusat yg penting untuk perkembangan, pondasi yg baik akan memudahkan kita pada permainan tengah.

2. permainan tengah
ini adalah bagian dmana kita memulai penyerangan maupun memperkuat pertahanan, dsini tugas kita adalah mencari materi (menangkap perwira), jg melakukan skakmat itu yg utama. dlaam permainan tengah kita harus punya banyak kreasi dan variasi serangan. kita hrs punya planning utama dan jg planning cadangan untuk melakukan skakmat.

3. permainan akhir
nah dalam permainan akhir biasanya ditandai dengan materi yg tinggal dikit dan sangat menentukan, di fase ini keunggulan materi sangatlah penting, meski cuma unggul 1 bidak apalagi unggul 1 perwira, ini sangat menentukan disamping posisi jg menentukan,, kata legenda catur dunia,, jose raul capablanca " pelajarilah permainan akhir sebelum permainan pembukaan dan permainan tengah, jika km menguasainya maka km akan lebih mudah menguasai permainan pembukaan dan permainan tengah". yg perlu kita ketahui permainan catur itu sebenarnya adalah sekumpulan soal yg butuh solusi, jadi tugas kita adalah bagaimana mencari solusi dari soal-soal tersebut. setiap soal pasti ada jawabannya, kita harus pinter2 menjawab setiap kreasi soal dr musuh kita. ingat pepatah "banyak jalan menuju ROMA"


ni trik aq dapat dari pelatih catur kawakan indonesia,, beliau adalah jg merupakan wasit FIDE, samuel ramlan..
setiap melangkahkan bidak catur, hendaknya memenuhi 3 kriteria
1.bunuh raja
2.pukul bidak
3.ancam lawan

tujuan utama catur adalah gmana cara agar raja lawan tidak bs bergerak, jd jika kita punya kesempatan melakukan skakmat, maka lakukanlah dengan cara yg se-efisien mungkin, jika kita tidak punya posisi ataw kesempatan melakukan skakmat maka yg kita lakukan adalah memakan bidak lawan,..jika bidak lawan tidak ada yg bs dmakan atau dpukul yg harus kita lakukan adalah melakukan ancaman,ini adalah bagian dimana kita mencuri inisiatif serangan, apa yg harus kita lakukan untuk mencuri inisiatif serangan? yaitu dengan cara mengancam perwira lawan. dalam istilahnya kita mengenal jika diancam maka balik ancam artinya jika perwira kita diancam sebisa mungkin kita jg harus mengancam perwira yg memiliki nilai lebih tinggi, misalnya kuda kita diancam maka kita hrus bs mengancam rook atw queen, jd musuh akan berpikir bagaimana mengamankan rook ataw queennya ktimbang memukul kuda kita,, itulah yg dinamakan mencuri inisiatif serangan.

nilai bidak catur
queen = 9
rook (benteng) = 5
bishop (peluncur) = 3
knight (kuda) = 3
pion = 1

penghitungannya gini, jika kita menukarkan 1 rook (benteng) dengan 1 bishop (peluncur) + 2 pion[nilai 5 ditukar nilai 3 + 2] maka hal tersebut impas

jika 1 rook (benteng) ditukar 1 knight(kuda) + 1 bishop (peluncur) [nilai 5 ditukar nilai 3 + 3] maka hal tersebut menguntungkan kita.

jika 2 rook (benteng) ditukar queen (nilai 2x5 ditukar nilai 9] maka hal tersebut kita mengalami kerugian. dst

note = pemain berpengalaman dunia (grand master / GM) biasanya lebih memilih bishop drpada knight, sehingga biasanya menukarkan knightnya dengan bishop lawan.

smoga triknya bermanfaat,hhe
Trik sederhana bermain catur Trik sederhana bermain catur Reviewed by Yonif on 8/14/2018 07:55:00 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.